Download Pedoman Pelaksanaan USBN PAI SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2014

Pada Kamis, Februari 13, 2014


Panduan USBN 2014

Pendidikan Agama Islam di sekolah mempunyai peran yang strategis dalam pemgembangan Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia dan peningkatan sumber daya manusia. Oleh karenannya untuk mengetahui mutu Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di sekolah, maka perlu dilakukan evaluasi yang menyeluruh terhadap hasil pembelajaran peserta didik melalui Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) pada SD, SMP, SMA dan SMK yang dilaksanakan sejak tahun 2008/2009 telah menghasilkan pemetaan berupa peningkatan partisipasi juga peningkatan mutu pembelajaran PAI di berbagai Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Untuk pelaksanaan USBN PAI Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan sebagaimana biasa, artinya sama seperti tahun-tahun sebelumnya dimana Direktorat Pendidikan Agama Islam hanya menerbitkan kisi-kisi soal USBN adapun penyusunan soal sepenuhnya diserahkan kepada daerah dengan memberdayakan organisasi profesi tenaga pendidik dan kependidikan di daerah seperti KKG, MGMP-PAI dan Pokjawas PAI yang selama ini telah dibina oleh Tim Pengembang Kurikulum Direktorat Pendidikan Agama Islam, BSNP, Pusat Kurikulum, dan Puspendik Kemendikbud.

Sebagaimana telah kita semua ketahui bahwa Direktorat Pendidikan Agama Islam telah menerbitkan kisi-kisi USBN PAI untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2013/2014 dan telah kami posting sebelumya. Bagi yang membutuhkan dan ingin mendownload kisi-kisi tersebut dan juga panduan pelaksanaanya silahkan klik tautan dibawah ini :
Panduan Pelaksanaan USBN tersebut kami dapat dari Portal Kemenag Jateng tentunya untuk sekolah diwilayah jawa Tengah, meski demikian bagi Bapak/Ibu diluar Jawa Tengah tidak ada salahnya untuk mengetahuinya dan mudah-mudahan dapat menjadi bahan referensi selain panduan yang telah disusun oleh wilayah/daerah masing-masing.

Demikian info mengenai Panduan USBN PAI SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2014, semoga 
ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »